FIDS & BIS

FIDS
Flight Information Display System/layar monitor penerbangan (FIDS) adalah sistem dinamis dan canggih untuk mengontrol arus informasi penerbangan pada layar monitor dan fasilitas tampilan informasi publik lainnya.
FIDS harus memiliki kemampuan menyebar luaskan dan menampilkan informasi sebagai berikut:
          Informasi mengenai kedatangan dan keberangkatan.
          Informasi mengenai check-in.
          Informasi mengenai gate (pintu masuk).
          Informasi mengenai bagasi.
 FIDS juga harus menyediakan interface untuk berbagai sistem seperti Voice Response System dan Public Announcement System.
               Laporan dapat dicetak melalui Printer, Informasi / logo / grafik dapat discan ke dalam sistem dan diedit dengan menggunakan screen editor.
FIDS dapat diakomodasikan pada format screen 4 : 3 atau 16 : 9 atau monitor LCD / Plasma.
            FIDS yang didesain harus memiliki interface dengan data network kompleks dan range yang luas untuk service Bandara/Airport lainnya. Pada semua sistem, konsep desain modul menggunakan konfigurasi yang mudah untuk memenuhi persyaratan Bandara/Airport dengan tepat.
Tampilan monitor penuh dengan konfigurasi yang mampu untuk membaca berbagai bentuk huruf dan grafik, hal ini berarti kita dapat memilih aturan informasi yang kita inginkan dan yang melihat pun menjadi suka (seperti layout, warna, informasi yang ditampilkan, dll).
Sebagai tambahan, sistem dapat mengatur range tampilan layar/screen yang besar dari LCD, tipe tampilan LED.

Fasilitas Flight Information Display Sistem
            Flight Information Display Sistem (FIDS), harus mempunyai fasilitas-fasilitas
            Sebagai berikut :
a.    Client Server Architecture
      Dengan sistem arsitektur tersebut, dapat mendukung pengembangan sistem di masa mendatang.
b.    Fasilitas Gateway
Mampu melakukan Interface dengan  sub sistem lainnya seperti voice response system dan Public Announcement Systems (PAS)
c.    Kemudahan Penggunaan
    • Amandemen / penambahan / penghapusan Jadwal penerbangan,
    • Waktu yang tepat,
    • Daftar yang mudah diedit,
    • Format menu pengoperasian,
    • Bantuan On-line,
      loading  Jadwal penerbangan secara otomatis
    • Mampu meng-update informasi tampilan secara otomatis/manual
    • User friendly graphical user interface (GUI)yang dilengkapi on-line help menjadikan system ini sebagai perangkat tampilan informasi yang mudah dan nyaman digunakan.
    • Sistem mudah dan tepat,
    • Piranti tampilan informasi,
    • Semua kejadian terkumpul dalam file transaksi harian.
d.    Modular design
      Modular design yang tepat bagi staf teknik untuk pemeliharaan dan penambahan alat, fail-safe checks dan fasilitas sistem monitoring sebaik kemampuan remote diagnotics-nya sehingga FIDS dapat diandalkan.
      Waktu responnya maksimal kurang dari 5 detik.
e.    Dapat dikembangkan
      Sistem dapat di upgrade atau ditambah untuk meminimalkan tingkat kesulitan yang dihadapi sehubungan dengan pengembangan yang akan datang.
      Hal tersebut berarti dapat mengakomodasi faktor pertumbuhan transaksi dan penyimpanan data yang menggunakan langsung hardware yang spesifik dan konfigurasinya.
f.     Mempunyai fitur yang handal
Fasilitas pengecekan dan monitoring system yang sempurna serta kemampuan diagnosa secara remote membuat FIDS sangat  handal .waktu responsenya kurang dari 5 detik.
g.    Kemudahan Perawatan
      Sistem harus terpasang  secara modular dan berbentuk unit sehingga mudah untuk pengaksesan, perawatan dan servis apabila terjadi kerusakan.
      Layout dengan konfigurasi yang penuh (untuk monitor dengan layar lebar).
h.    Kontrol Akses dan Sistem Pengamanan
      Software diamankan dengan baik melalui level akses yang berbeda dan pembatasan pengamanan. Fitur ini menyediakan pengamanan untuk sistem FIDS dari kemungkinan penyusupan dan kerusakan.
      Semua aplikasi diamankan dengan sistem User Authorization dan Password.
      Pengguna dibatasi pemakaian dan aksesnya terhadap sistim FIDS.
      Pop-Up Alert Window bila timbul kesalahan.
i.      Quality Assured
      Sistem ini didesain dengan kualitas yang baik pada semua level. FIDS dirakit untuk pengoperasain selama 24 jam.
      Tampilan data dan grafik tidak akan menurunkan performa sistem.

      Update database aktif kurang dari hitungan detik.

Sistem Overview







Sistem FIDS terdiri dari beberapa modul utama :
·         Server atau Central Processing System (CPS)
·         Display devices
·         Input devices
·         External interface
FIDS sistem berdasarkan pada Client-Server Architecture menggunakan teknik komunikasi jaringan TCP/ IP dengan standar SQL database management and communication software.

Fitur Inti Sistem FIDS

Inti sistem FIDS terdiri dari :
·         FIDS Servers (Primary and Backup) yang menyediakan database informasi penerbangan dan server side programmer menyediakan efisiensi penyebaran informasi ke unit output tampilan penerbangan pada Bandara/Airport (LED boards, LCD Boards, plasma displays, CRT monitor).
·         Flight Information Display Software harus dapat membolehkan pihak pengguna (Bandara/Airport) untuk dapat memasukkan format MPG, AVI, JPG atau BMP file untuk dapat ditunjukkan pada display-display yang ada di gate ataupun tempat-tempat lain yang dikehendaki (komersial).
·         Flight Information Management System (FIMS) yang memperbolehkan user mengatur (menciptakan, update dan atau menghapus) detail dari informasi penerbangan untuk jadwal penerbangan harian.
·         FIMS meliputi berbagai hal termasuk fitur :
§  Mudah untuk penggunaan Graphical User Interface (GUI) dengan fitur poin dan klik yang familiar.
§  Sistem menyediakan Jadwal penerbangan harian secara otomatis. Tidak diperlukan staf operasional untuk masing-masing Jadwal harian.
§  Daily Flight Schedule Management Tools : harus menyediakan staf operasional untuk mengatur informasi yang diperlihatkan pada penumpang untuk semua penerbangan, seperti status penerbangan (Landed, Departed, Boarding), petunjuk fasiltas Airport (gate, carousel, check in counters), estimasi waktu kedatangan / keberangkatan dan User harus menyediakan print out dari semua laporan/report.
§  Security Management: manager dan administrator menetapkan daftar user yang ditetapkan dan nilai parameter operasional FIDS yang merupakan spesifikasi Airport.
§  Reference Data Management: manager dan administrator mengurus list dari referensi code IATA untuk kota besar, Airport, kode service dan lain-lain yang relevan dengan Airport.
§  Display monitoring and diagnosis facilities : Staff pemeliharaan dapat memonitor sistem jarak jauh melalui GUI yang mudah dalam penggunaannya.
Staff pemeliharaan dapat menjalankan perintah diagnosis secara seperlunya dari pusat pemeliharaan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari problem yang ada.
§  Remote Software download/upgrade : untuk upgrade display software, FIMS menawarkan kemudahan untuk menggunakan fasilitas remote upgrade. Staff pemeliharaan dapat juga mengecek versi terinstall yang benar.
§  Screen Editor : memberikan kewenangan Airport untuk mengatur tampilan dari CRT/LCD dan atau tampilan plasma dengan powerful dan tool yang mudah untuk digunakan. Editor mengijinkan pengguna dengan tingkat fleksibel yang penuh untuk mendefinisikan tiap elemen berikut :
-       Displayed Fields : user dapat memilih area yang relevan dari list yang meliputi tipe tampilan (monitor keberangkatan, monitor kedatangan).  Layout dan penempatan area dalam tampilan juga terserah kepada pengguna untuk menspesifikasikannya.
-       Information sort order : user dapat menetapkan area kunci yang digunakan untuk memilah informasi penerbangan pada layar.
-       Filter to apply : user harus secara fleksibel untuk mendefinisikan filter yang menunjukkan tipe tertentu di layar. Contohnya : layar dekat Gate A1-A4 hanya menunjukkan kedatangan/ keberangkatan penerbangan pada gate ini.
-       Code share flights : membangun code share flight dengan scrolling effect untuk airline logo dan nomor penerbangan.
-       Multiple Languange support: mendukung paling tidak untuk dua bahasa. Bahasa utama harus diset dalam alfabet bahasa Inggris.
-       Jumlah rekaman yang ditunjukkan dalam satu screen: untuk multi user display kedatangan/keberangkatan pada CRT/LCD/plasma, user dapat mendefinisikan jumlah maksimum dari rekaman yang ditunjukkan dalam satu kali tampilan. Multiple display dapat dikumpulkan bersama dalam satu bank efek monitor yang menunjukkan seluruh informasi penerbangan dalam waktu 8-10 jam.
-       Warna: Warna background dan warna huruf dari berbagai elemen tampilan yang berbeda dapat diubah.
-       Huruf: user dapat memilih tipe huruf yang digunakan
-       Gambar background: file gambar format BMP atau JPG dapat ditampilkan sebagai background
-       Format hari/tanggal: user diperkenankan menampilkan format secara custom untuk hari dan tanggal.
§  FIDS harus dapat di interkoneksikan dengan AFTN (Aeronautical Fixed Telephony Network) untuk memperoleh informasi estimasi waktu kedatangan (Estimate  Time Arrival), pembatalan penerbangan karena cuaca, gangguan teknis atau penundaan jadwal pesawat. Interkonesi ini dapat menggunakan jaringan TCP/IP atau komunikasi serial RS-232/485/422 tergantung dari spesifikasi yang ada pada AFTN.
§  FIDS harus dapat diinterkoneksikan dengan CUTE (Common User Terminal Equipment)agar pengaturan display check in dapat diatur melalui CUTE.

Flight Query Manager (FQM) memperkenankan staff airlines untuk memonitori informasi FIDS melalui GUI yang disederhanakan yang mana user dapat mencari dan memilah informasi yang ditunjukkan sesuai dengan persyaratan. Informasi yang ditunjukkan pada FQM tepat sama dengan informasi yang ditampilkan pada tampilan FIDS.
FIDS Output Display mendukung bermacam-macam tipe dari tampilan output FIDS dari LCD Tradisional, LED dengan papan displai Informasi Penerbangan yang besar, Intelligent CRT dan tampilan plasma.
Komponen Opsional FIDS
FIDS Gateway module :
·         Digunakan untuk komunikasi dengan airport lain untuk berbagi informasi
·         Untuk setup gateway, target sistem harus disetujui untuk tukar informasi dengan FIDS pada predefined message format dalam predefined trigger atau message timings.
·         Aturan penukaran pesan diperbolehkan pada sistem FIDS yang secara otomatis meng-update database FIDS dengan informasi yang diterima dari sistem lain seperti: waktu penerbangan (dari sistem Air Traffic atau airlines), penerbangan baru (dari airlines), alokasi gate (dari Gate Allocation System) atau alokasi Carousel (dari Baggage Handling System).
·         Airport diperbolehkan meningkatkan efisiensi pengoperasian melalui dalam satu kali update.
·         Masing-masing modul gateway menawarkan pengaturan yang pada umumnya sama termasuk :
-       Monitoring Incoming / outgoing message
-       Monitoring status connectivity
-       Back up dari pengubahan pesan sebelumnya untuk audit trail purpose
Informasi tampilan FIDS dapat disajikan melalui media tampilan yang berbeda seperti CRT, Plasma screen atau LCD/LED.
Sistem yang disediakan untuk pengembangan ke depan dari informasi yang diterima. Format screen dapat dikonfigurasikan ke berbagai macam logical layout dan spesifik field dapat dengan mudah dilakukan update display.

Automatic Announcement System

Automatic Announcement System di desain untuk memberikan pengumuman secara otomatis atas perubahan-perubahan Jadwal penerbangan yang terjadi pada system FIDS (Flight Information Display System).

1.1.7.   Persyaratan AAS

·         AAS mendapatkan event terjadinya perubahan Jadwal penerbangan yang kemudian memberikan input kepada Public Address System (PAS) untuk kemudian di distribusikan melalui speaker-speaker yang terdapat pada terminal Bandara.
·         FIDS dan AAS berkomunikasi melalui jaringan LAN dengan menggunakan protokol TCP/IP.
·         AAS memberikan input berupa data suara kepada PAS disesuaikan dengan zona-zona yang telah ditentukan.
·         AAS harus dapat melakukan pemberitahuan-pemberitahuan sesuai dengan perubahan Jadwal penerbangan.
·         AAS harus dapat melakukan pemberitahuan-pemberitahuan yang sifatnya periodik seperti pemberitahuan dilarang merokok,  pemberitahuan tidak meninggalkan barang bawaan sembarangan dan lain-lain.
·         AAS harus dapat melakukan pemberitahuan menggunakan minimal 2 bahasa disesuaikan dengan pengembangan masa depan.
·         AAS harus dapat mencakup minimal 4 zona pemberitahuan secara simultan.
·         Penambahan rekaman suara harus dapat dilakukan oleh pihak Bandara dengan mudah menggunakan fitur-fitur aplikasi yang ada.
SPESIFIKASI TEKNIS PERALATAN
1.3.1.   Central Processing System (CPS)
            Central Processing System (CPS) terdiri dari Fids primary dan backup server   yang melakukan pemrosesan data yang dibutuhkan oleh sub system yang terdapat pada FIDS.
           Central Processing System (CPS)
            Central Processing System (CPS) terdiri dari satu atau lebih server yang melakukan pemrosesan data yang dibutuhkan oleh sub system yang terdapat pada FIDS.
a.    Spesifikasi Server FIDS
·         Platform
: Intel Xeon Quad Core E5620
·         Clock Speed
: 2.4 GHz
·         Frontside bus
: 1066 MHz
·         Cache
: 4 MB
·         Hardisk
: 2 x 146 GB Hotplug SAS
·         Form Factor
: 2U
·         Optical Disk
: DVD Rom
·         Ethernet Port
: Dual Port Gigabit NIC 10/100/1000
·         Power Supply
: Redundant Power Supply
·         Memory
: 8 GB DDR3 1333 MHz
b.    AAS Server (Automatic Announcement System) ( Branded ).
·         Platform
: Intel Xeon Quad Core E5620
·         Clock Speed
: 2.4 GHz
·         Frontside bus
: 1066 MHz
·         Cache
: 4 MB
·         Hardisk
: 2 x 146 GB Hotplug SAS
·         Form Factor
: 2U
·         Optical Disk
: DVD Rom
·         Ethernet Port
: Dual Port Gigabit NIC 10/100/1000
·         Power Supply
: Redundant Power Supply
·         Memory
: 8 GB DDR3 1333 MHz
  1. Operator Workstation
·        Platform
: Intel® Pentium® Dual-Core Processor E5300
·        Clock Speed
: 2.6 GHz
·        Frontside bus
: 800 MHz
·        Cache
: 2 MB
·        Hardisk
: 160GB SATA 7200RPM
·        Form Factor
: Desktop/Tower
·        Optical Disk
: DVD Rom
·        Ethernet Port
: 1 x Integrated 10/100/1000 Ethernet
·        Power Supply
: 250 Watt Power Supply
·        Memory
: 1 GB DDR2
·        Mouse Console.
·        Colour Graphic Monitor LCD 17”.

d.    Cabinet, UPS
-    19” Rack Cabinet, 42U High, Depth 800mm, c/w.
-         42U, Steel Frame With Acrylic Front Door.
-         42U, Steel Panel Back Door.
-         19” Bottom Cover for Cabinet, 80mm.
-         19” Roof Tray, with 2 heavy duty fan.
-         12 Oulet Vertical Power, European Socket.
42U, Cable Tray.
            Public Display
            Semua Public Display terdiri dari LCD Monitor 32”/42”/55” dilengkapi dengan Display Controller sebagai Character Generator.
a.   Spesifikasi Teknis Display Controller :
                 1. Display controller single display (DS-1)
·        Processor
: Min 1.6GHz clock speed
·        Memory
: Min 1 GB
·        Storage
: Min 1 GB Compact Flash
·        Network Card
: Ethernet 10/100BASE-TX
·        Display adapter
: 1 x VGA interface, capable for screen rotation (Landscape / Potrait)
·        Comm interface
: 1 x RS-232, 2 x USB port
·        Ovatchdog timer
: 255 levels timers internal
·        Operating System
: Latest OS in use (Linux / setara)
·        Others
: Fanless, sealed industrial PC, small form factor

      2. Display controller single display (DS-2)
·        Processor
:Min 1.6GHz clock speed
·        Memory
:Min 2 GB
·        Storage
:Min 1 GB Compact Flash
·        Network Card
:Ethernet 10/100BASE-TX
·        Display adapter
:2 x VGA interface, capable for screen rotation (Landscape / Potrait)
·        Comm interface
:1 x RS-232, 2 x USB port
·        Ovatchdog timer
:255 levels timers internal
·        Operating System
:Latest OS in use (Linux / setara)
·        Others
:Fanless, sealed industrial PC, small form factor
 2.Spesifikasi LCD Display :
a. 55” LCD Monitor
·         Screen Size
: 55 inches
·         Aspect Ratio
: 16:9
·         Native Resolution
: 1920 (H) x 1080 (V) pixels (FHD)
·         Pixel Pitch (H x V x 3)
: 6,220,800
·         Brightness
: 700 cd/m2
·         Contrast Ratio
: 1300:1
·         Viewing Angle
: H: 178º, V: 178º
·         Color Depth
: 1.06 Billion
·         Response Time
: 8 mSec (G to G)
·         Surface Treatment
: Hard Coating (3H), Anti Glare
·         Interfaces
: Input : RGB & HDMI/DVI

: Output : RGB

: Comm : RS-232 In/out

: LAN: 1 x 10/100 Mbps NIC

: USB: 1 x USB 2.0
·        Tile Mode
: Up 5x5 matrix configuration
·        LCD Position
: Support portrait and landscape configuration
·        Temperature Sensor
: Built-in temperature sensor
·        Dimension
:Symmetrical design between top-down panel, left-right panel

b. 42” LCD Monitor
·        Screen Size
: 42 inches
·        Aspect Ratio
: 16:9
·        Native Resolution
: 1366 (H) x 768 (V) pixels (WXGA)
·        Pixel Pitch (H x V x 3)
: 3,147,264
·        Brightness
: 500 cd/m2
·        Contrast Ratio
: 800:1, 3000:1 (DCR)
·        Viewing Angle
: H: 178º, V: 178º
·        Color Depth
: 16,7 Million
·        Response Time
: 9 mSec (G to G)
·        Surface Treatment
: Hard Coating (3H), Anti Glare
·        Interfaces
: Input : RGB & HDMI/DVI

: Output : RGB

: Comm : RS-232 In/out

: LAN: 1 x 10/100 Mbps NIC

: USB: 1 x USB 2.0
·        Tile Mode
: Up 5x5 matrix configuration
·        LCD Position
: Support portrait and landscape configuration
·        Temperature Sensor
: Built-in temperature sensor
·        Lamp Fault Sensor
: Built-in Lamp sensor
·        Dimension
: Symmetrical design between top-down panel, left-right panel
 
c. 32” LCD Monitor
·        Screen Size
: 42 inches
·        Aspect Ratio
: 16:9
·        Native Resolution
: 1366 (H) x 768 (V) pixels (WXGA)
·        Pixel Pitch (H x V x 3)
: 3,147,264
·        Brightness
: 450 cd/m2
·        Contrast Ratio
: 3000:1, 5000:1 (DCR)
·        Viewing Angle
: H: 178º, V: 178º
·        Color Depth
: 16,7 Million
·        Response Time
: 6,5 mSec (G to G)
·        Surface Treatment
: Hard Coating (3H), Anti Glare
·        Interfaces
: Input : RGB & HDMI/DVI

: Output : RGB

: Comm : RS-232 In/out

: LAN: 1 x 10/100 Mbps NIC

: USB: 1 x USB 2.0
·        Tile Mode
: Up 5x5 matrix configuration
·        LCD Position
: Support portrait and landscape configuration
·        Temperature Sensor
: Built-in temperature sensor
·        Lamp Fault Sensor
: Built-in Lamp sensor
·        Dimension
: Symetrical design between top-down panel, left-right panel

2.1  Building Integration System (BIS)
Building Integration System (BIS) System adalah Suatu sistim yang terdiri dari pengabuang Peralatan Elektronik  yang digunakan sebagai pusat pengendalian dan monitoring secara terpusat, yang meliputi peralatan Fire Alarm system, Close Circuit Television System (CCTV), Building Automation System (BAS), Acces control system.
BIS merupakan suatu perangkat Lunak Software dan Server Hardware yang berfungsi sebagai penyimpan dan pemroses data dari berbagai peralatan yang terintegrasi secara OPC (OLE for Process Control), OLE (Object Linking & Embedding).

Adapun  Peralatan BIS terdiri dari  :
1.      Central BIS Server
Server-Intel(R) Xeon(R) X3430 Processor (min 2,4GHz, 8MB Cache, Turbo) -One Broadcom 5722 Gigabit Ethernet - No Raid with On-board SATA Controller, Min. 1 Max. 4 SATA Only Drives-500GB 3.5-inch, 7.2K RPM SATA II Hard Drive - Non Hotplug-3 Yrs Next Business Day Onsite Service -8GB Memory (2x2GB), 1066MHz-Dell(TM) USB 104-key Standard Black, Keyboard(English) -Optical USB Mouse (2-Button with Scroll) –with  Monitor 21”, -16x SATA DVD + / - RW Drive (with RAM) –With  Operating System Original
2.      Work Station
Core i7-540M, 2Gb DDR3, 500Gb HDD, DVDRW, VGA ATI Radeon HD543 512MB, camera, 21" WXGA, With OS Original.
3.      Licence stucture Fire Alarm system,
4.      Licence stucture Fire Alarm Detector
5.      BASIC PACKAGE Video Engine
6.      Engine Software  Access Control System
7.      Engine Software Automation System
8.      Tirtparti Detector BAS Engine
9.      Video licence
10.  Operator Licence
11. Spseifikasi Software :
Number of different detector points to be controlled by BIS and engines
500,000

Number of subsystems to be connected to BIS simultaneously (safety, security, PA, BA)
Not limited by BIS (consult with SSG when
number of OPC combined servers exceeds 40)
Number of client workstations

Not limited by BIS (consult with SSG when
number of concurrent clients exceeds 50)
Number of different alarm/event types to be
handled by BIS (fire, intrusion, door events, …)
Unlimited, ~4000 pre-defined coming with
software
Number of alarms to be handled by simultaneously
5,000 inside the alarm queue

Number of free cardholders
2000
Number of area/time authorizations
255
Number of authorization groups
255
Number of access authorizations
255
Number of time models
255
Number of readers Up to
1,200 (depending on used controller type)
Number of access controllers Up to
200
Number of cardholders Up to
400,000

3.0    PERSYARATAN TEKNIS PEMASANGAN
1.   Kabel dan Conduit
a.            Semua kabel yang  dipasang mendatar harus dipasang di trunking kabel.
b.           Semua kabel yang dipasang di shaft secara vertikal harus dipasang pada  tangga kabel.
c.            Konduit harus  diklem ke struktur  bangunan dengan sadle klem.
d.           Semua kabel yang keluar masuk kabel tray harus menggunakan flexible  conduit.
2.   Trunking Kabel dan Tangga Kabel
a.   Tangga kabel harus dipasang horizontal.
b.   Tangga  kabel  dipasang  ke dinding  shaft  dengan memakai 3  buah dinabolt berukuran 1/2"  x 2" pada jarak 75 cm.
c.   Kabel  tray digantung  di  lantai bangunan  dengan dinabolt berukuran 1/2" x 2".

4.0         PENGUJIAN
Semua peralatan dalam sistem  BIS  ini harus  diuji   oleh  perusahaan   pemegang  keagenan peralatan tersebut, dimana perusahaan tersebut harus memberikan  surat  jaminan  atas  bekerjanya  sistem tersebut setelah ternyata  hasil pengujiannya adalah baik.
Semua  peralatan yang  terpasang  dalam sistem  BIS ini,  baik peralatan utama maupun accessoriesnya harus mendapatkan sertifikat keaslian dari pemegang keagenan peralatan tersebut.

5.0         PRODUK  BAHAN DAN PERALATAN
              Bahan dan peralatan harus memenuhi spesifikasi. Kontraktor dimungkinkan untuk mengajukan alternatif lain yang setaraf dengan yang dispesifikasikan apabila prudok yang dimaksud sudah tidak diproduksi atau tidak ada dipasaran. Kontraktor baru bisa mengganti bila ada persetujuan resmi dan tertulis dari Pemberi Tugas/ MK/ Perencana.
Adapun bahan dan peralatan yang dimaksud adalah sesuai dengan lampiran daftar material.


Comments

Kabar Detik.com

Okezone

Rumah dan Arsitektur

Dornob

Popular Posts